Pages

Themes

Do you have Symbian or Android phone and need a theme to personalize it?
Just visit HERE

Tuesday 14 May 2013

Perkembangan Budaya Manusia

Dalam perkembangan budaya manusia tidak luput dari dampak-dampak yang dihasilkan, ada dampak positif dan ada juga dampak negatif. Perkembangan budaya tersebut meliput:
1. Masuknya budaya asing
2. Cara berpakaian
3. Kebiasaan

Globalisasi yang cepat sangat berpengaruh terhadap perkembangan budaya ini, pengaruh budaya negara yang satu dengan yang lain saling bergantian masuk. Ada yang bertentangan/bertolak belakang, seperti budaya barat dan timur yang bertolak belakang, ada juga budaya yang masih sejenis. Sekarang ini kita harus bisa lebih meyeleksi budaya yang kita terima, apabila baik diambil dan apabila buruk dibuang. Beberapa contoh dampak perkembangan budaya yaitu:

Dampak Positif
1. Menambah wawasan tentang budaya negara lain,
2. Komunikasi yang semakin mudah dengan adanya perkembangan teknologi dan peyebarannya yang cepat,
3. Memacu untuk meningkatkan kualitas diri,
4. Kerjasama antar negara dalam berbagai bidang,
5. Mudahnya mengakses ilmu pengetahuan,
6. Budaya Indonesia yang dikenal, menjadi salah satu pemasukan bagi negara.
Dampak Negatif
1. Terlalu banyak budaya asing yang masuk sehingga sudah tidak tersaring lagi,
2. Terjadi pergeseran budaya sendiri,
3. Perubahan perilaku manusia, menjadi individualis,
4. Akibat perkembangan teknologi yang sangat pesat, terjadi pengurangan lapangan kerja karena digantikan oleh mesin-mesih dan robot,
5. Terjadi perilaku-perilaku tidak baik yang mencontoh dari budaya asing.

Kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Kebudayaan terbentuk dari banyak unsur, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Peradaban memiliki berbagai arti dalam kaitannya dengan masyarakat manusia. Seringkali istilah ini digunakan untuk merujuk pada suatu masyarakat yang "kompleks".

Banyak para ahli yang berpendapat bahwa Kebudayaan dan Peradaban itu sama. Namun dalam beberapa pandangan, "Peradaban" bisa diartikan sebagai persamaan yang lebih luas dari "Kebudayaan".

Nilai Budaya merupakan nilai- nilai yang disepakati dan tertanam dalam suatu masyarakat, lingkup organisasi, lingkungan masyarakat, yang mengakar pada suatu kebiasaan, kepercayaan (believe), simbol-simbol, dengan karakteristik tertentu yang dapat dibedakan satu dan lainnya sebagai acuan prilaku dan tanggapan atas apa yang akan terjadi atau sedang terjadi.

Sistem Nilai Budaya merupakan tingkatan tingkat yang paling tinggi dan abstrak dalam adat istiadat. Hal itu disebabkan karena nilai – nilai budaya itu merupakan konsep – konsep mngenai apa yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar dari dari warga suatu masyarakat mengenai apa yang mereka anggap bernilai , berharga, dan penting dalam hidup, sehingga dapat berfungsi sebagai suatu pedoman yang memberi arah dan orientasi kepada kehidupan para warga masyarakat itu sendiri.

Sumber
Wikipedia - Peradaban
Wikipedia - Budaya
Wikipedia - Nilai-Nilai Budaya
tryono10 Blog - Sistem Nilai Budaya

1 comment:

  1. Sebelah kanan bawah ada logo gunadarma, linknya www.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete

Copyrights(c) daeva112