Pages

Themes

Do you have Symbian or Android phone and need a theme to personalize it?
Just visit HERE

Tuesday 21 May 2013

Keindahan & Karya Cipta

Estetika

Secara sederhana estetika dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang keindahan, bagaimana ia terbentuk dan bagaimana seseorang dapat merasakannya. Estetika sendiri sangat berhubungan erat dengan ide-ide atau gagasan untuk menciptakan suatu keindahan tersebut.

Kebudayaan

Kebudayaan sangat erat hubunganannya dengan kehidupan bermasyarakat. Kebudayaan sendiri dapat diartikan sebagai tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, yang didapat dari kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

Hubungan Estetika dengan Kebudayaan
Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kebudayaan sangat berhubungan erat dengan estetika. Dimana suatu keindahan yang dibuat berdasarkan ilmu estetika didapat dari ide-ide atau gagasan yang terbentuk dari kehidupan bermasyarakat, budaya masyarakat.


Keindahan

Suatu benda (benda mati maupun benda hidup) yang memberikan rasa kesenangan atau kepuasan. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, keindahan dapat diartikan suatu keadaan yang enak dipandang, cantik, atau elok.

Karya Cipta

Karya cipta sendiri berarti suatu ciptaan, meliputi berbagai hal, termasuk puisi, drama, serta karya tulis lainnya, film, karya-karya koreografis (tari, balet, dan sebagainya), komposisi musik, rekaman suara, lukisan, gambar, patung, foto, perangkat lunak komputer, siaran radio dan televisi, dan (dalam yurisdiksi tertentu) desain industri.

"Hasil dari karya cipta sendiri biasanya sesuatu yang dapat dinikmati, dipandang atau dirasakan dan sangat berhubungan erat dengan keindahan. Dimana keindahan tersebut didapat dari ilmu estetika yang diperoleh dari budaya masyarakat."

Sebagai contoh saya membuat sebuah ikon dari game "Angry Birds Star Wars" berbasis vektor menggunakan program Adobe Illustrator yang bisa disebut sebagai karya cipta. Vektor merupakan jenis grafis berbasis garis, dimana faktor resolusi tidak berpengaruh, dalam artian dapat di re-size sesuka kita. Isi dari grafis vektor sendiri dibuat satu-satu per bagian secara manual dengan metode tumpuk menumpuk untuk mendapatkan hasil yang pas.

Contoh Karya Cipta

Hasil Akhir


Source





No comments:

Post a Comment

Copyrights(c) daeva112