Pages

Themes

Do you have Symbian or Android phone and need a theme to personalize it?
Just visit HERE

Tuesday 15 January 2013

Hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan Teknik Informatika


Ilmu Sosial Dasar (ISD)
- Pengertian
Pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social seperti : sejarah,ekonomi, geografi, sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial.

- Tujuan
a. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan maslah-masalah sosial yang ada di dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c. Menyadari setiap masalh sosial yang timbul dala masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
d. Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

Teknik Informatika
- Pengertian
Kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.

Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika

Kesimpulan
Dari uraian diatas, saya menyimpulkan bahwa kedua hal diatas (Ilmu Sosial Dasar dan Teknik Informatika) saling berhubungan. Dampak yang ditimbulkan dari penerapan ilmu teknik informatika, seperti penggunaan teknologi, akan berdampak pada kehidupan sosial. Baik itu dampak positif ataupun negatif. Misal, penggunaan telkologi modern akan memudahkan kita berhubungan dengan orang yang teletak sangat jauh, tetapi dilain sisi, kita menjadi tidak memperhatikan keadaan disekitar kita. Bisa dibilang, penggunaan teknologi yang tidak baik akan mendekatkan kita dengan yang jauh, tetapi akan menjauhkan kita dengan yang dekat.

Source
Wikipedia - Informatika
Wartawarga Gunadarma
www.engineeringtown.com

No comments:

Post a Comment

Copyrights(c) daeva112